Home » » Tips Melatih Burung Kenari Hibrid Unggulan

Tips Melatih Burung Kenari Hibrid Unggulan

Tips Melatih Burung Kenari Hibrid Unggulan

Tips Melatih Burung Kenari Hibrid Unggulan


Tips Melatih Burung Kenari Hibrid Unggulan - Bereksperimen dalam penangkaran burung kenari lazim dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diidam-idamkan, yaitu burung yang atraktif, mampu berkicau dengan bagus, memiliki kondisi fisik, mental, dan kesehatan yang bagus. Beberapa penangkar burung kenari pun berlomba-lomba menciptakan anakan dari perkawinan antara dua indukan berkualitas dalam satu spesies maupun kawin silang antara dua spesies berkualitas. Bahkan ada juga yang menangkar burung kenari dengan burung finch, untuk menghasilkan filial atau keturunan yang dikenal sebagai burung kenari mule atau burung kenari hibrid. Baca tips-merawat-anakan-burung-kenaripilihan-makanan-dan-ekstra-fooding dan /tips-memandikan-burung-lovebird

Tips Melatih Burung Kenari Hibrid Unggulan

  • Silangan antara gold finch dan burung kenari

Perkawinan silang antara burung kenari dan burung finch akan menghasilkan burung kenari yang mampu berkicau dengan irama dan lagu penuh variasi. Nahkan lagunya bisa lebih panjang daripada kedua induknya. Dengan kata lain, hasil persilangan ini akan menciptakan burung penyanyi yang sempurna dengan kekuatan vokal dari burung kenari serta melodi dari finch. Sifatnya akan lebih atraktif dan lincah daripada kedua indukannya. Akan lebih baik lagi jika kedua indukan yang dipilih adalah burung berkualitas, baik suara kicauan maupun fisiknya. Beberapa jenis burung finch yang bisa disilangkan dengan burung kenari adalah gold finch dan green finch. Keduanya paling popular, karena peluang keberhasilan untuk disilangkan dengan burung kenari sangat tinggi.

Jika ingin menyilangkan burung kenari dengan finch, pastikan kedua indukan harus dalam kondisi sehat dan siap dikembangbiakan. Biasanya burung kenari yang digunakan berkelamin betina, sedangkan burung finch yang digunakan berkelamin jantan. Sediakan pula burung kenari jantan sebagai pemancing birahi burung kenari betina di awal penjodohan.

Tips Melatih Burung Kenari Hibrid Unggulan

  • Gold finch dan green finch bagus untuk disilangkan dengan burung kenari,

Pisahkan terlebih dulu burung-burung tersebut. Sebab pakan dan kebutuhannya mereka berbeda. Burung kenari bisa dengan mudah diberikan makanan yang tepat dengan 12 jam aktifnya setiap hari, sedangkan finch memiliki 14 – 16 jam aktif setiap hari. Pakan untuk finch berupa sayuran hijau, telur rebus, dan biji-bijian berkecambah (direndam dulu). Gunakan kandang bersekat untuk memisahkan mereka, dan biarkan mereka saling melihat, sampai keduanya siap dijodohkan. Pertama kalinya, burung kenari betina kemungkinan akan menolak finch jantan. Baca tips-perawatan-eksklusif-untuk-lovebird.

Siapkan beberapa bahan untuk bersarang. Kotak sarang diletakkan di kandang burung kenari betina. Burung kenari akan mengambil bahan sarang dan menata sarangnya ketika ia sudah siap berkembang biak. Untuk mempercepat birahi burung kenari betina, Anda perlu menyiapkan burung kenari jantan yang sudah gacor di dekat kandang, tetapi jangan sampai terlihat burung kenari betina. Kalau betina sudah menyiapkan sarangnya, itu pertanda sudah siap kawin. Pada saat itulah, burung kenari jantan bisa diperlihatkan kepada burung kenari betina. Ketika birahi betina makin tinggi, sekat yang memisahkan burung kenari betina dan burung finch bisa dibuka, agar segera memulai ritual kawinnya. Karena finch dikenal sebagai burung pemalu, terlebih saat ingin kawin, sudah saatnya Anda bersembunyi agar tidak terlihat finch. Baca /cara-membedakan-kelamin-burung-lovebird.

Jika burung sudah melakukan ritual kawin, pisahkan finch dari kandang burung kenari, sampai burung betina mulai bertelur. Sebab burung finch suka mematuk telur. Anakan akan menetas dalam waktu 2 munggu, dan siap meninggalkan sarang saat berumur 16 – 19 hari dam bisa mandiri setelah umur 30 hari.

  • Catatan tambahan.

Pada waktu anakan mulai meninggalkan sarang, itulah waktu yang tepat memaster mereka dengan suara burung, baik dari burung kenari jantan yang berkualitas maupun suara masteran dari media elekronik seperti CD atau MP3, agar diperoleh burung kenari hibrid yang memiliki kicauan yang penuh variasi dan lebih penuh irama. Baca juga menjodohkan-lovebird-secara-efektif.

Terimakasih.
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Popular

Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *