Home » » Perbedaan Burung Jalak Suren dan Jalak Uren

Perbedaan Burung Jalak Suren dan Jalak Uren

Perbedaan Burung Jalak Suren dan Jalak Uren

Perbedaan Burung Jalak Suren dan Jalak Uren

Perbedaan Burung Jalak Suren dan Jalak Uren - Jalak uren dan jalak suren ternyata memliki perbedaan, beda namanya, beda asalnya, beda fisiknya dan juga beda pula harganya. Burung jalak dikenal dengan suaranya yang kasar dan rajin bunyi. Baca juga empat-jenis-penyakit-pada-burung.
Perbedaan Burung Jalak Suren dan Jalak Uren


Jalak uren selalu berkicau kencang tidak karuan jika melihat orang asing, itu sebabnya jalak uren bisa dibilang penjaga rumah karena bisa menjadi alarm dirumah kita. Harga jalak uren jawa lebih mahal jika dibandingkan burung jalak suren, berikut langsung saja kita bahas perbedaan jalak suren dan jalak uren. Baca juga cara-agar-lovebird-cepat-bertelur.

Jalak suren, merupakan burung yang berasal dari kepulauan kalimantan, sumatra, dan malaysia. Burung yang mudah jinak serta mudah menyesuaikan dengan lingkungan manusia, alhasil burung jalak cepet berbunyi. Baca juga

Jalak suren dominan berbunyi ngerol dengan suara asli mereka, biasanya burung jalak suren jarang yang jinak, sebab jalak suren yang ada dipasaran merupakan burung jenis burung tangkapan hutan. jika untuk dijadikan burung masteran, jalak suren lebih cocok sebab dominan dengan lagu ori bawaanya yang ngerol dan kasar. Untuk menu makananya serangga, cacing, serta buah-buahan seperti pepaya atau pisang.

Jalak uren adalah burung asli jawa, beberapa tahun lalu sempat mengalami kepunahan. Kabar baik nya sekarang jalak uren sudah bisa kita temui dipasaran dari pertolongan hasil budidaya para breeder. Jalak uren jantan dan betina memiliki perbedaan variasi suara, uren betina lagunya lebih dominan ngerol ori lagu jalak, tetapi untuk uren jantan mereka bisa menirukan lagu-lagu burung lain (isian). Jalak uren bisa dibilang lebih cerdas dari jalak suren.

Jalak uren jantan kadang bisa menirukan suara manusia bila sering mereka mendengarkan kata yang mereka ikuti, bisa juga menirukan suara orang batuk. Biasanya burung jalak uren jawa lebih dianggap burung klangenan, dengan lagu isian serta lebih jinak sebab sekarang diperoleh dari hasil penangkaran. Untuk menu makanan jalak uren tidaklah berbeda dengan jalak suren, mereka juga memakan serangga, cacing, dan buah- buahan.

Perbedaan Burung Jalak Suren dan Jalak Uren yaitu :

Jalak uren
Bulu kepala bagian atas hitam sampai pangkal paruh atas serta rapi seperti pakai minyak rambut.
Warna paruh putih gading, semakin tua warna putih semakin bersih, jika muda ada semburat hitamnya.Jalak suren.Bulu kepala memiliki warna bulu putih di tengah kepala atas sampai pangkal paruh.
Warna paruh lebih berwarna orange kemerahan.

Tips memilih jalak uren supaya tidak tertipu pedagang nakal yang menyemir bulu putih jalak suren menjadi hitam, pehatikan warna parunya saja, sebab bila kepalanya di semir hitam, warna paruh ini tetap tidak bisa diakalin. Warna paruh uren tetap berwarna putih gading dan tidak orange kemerahan.

Berikut adalah tips dan caranya:

  • Pilih burung yang berjenis kelamin jantan Lebih jelasnya silahkan bisa dibaca disini tentang perbedaan jenis kelamin jalak suren jantan dan betina.
  • Burung dimandikan setiap pagi dengan cara semprot pakai spray atau jika memungkinkan berilah cepuk agar burung lebih leluasa mandinya atau dengan mandi keramba pada sekitar jam 7-an. Sedikit beda perawatan pada musim hujan, silahkan bisa dilihat disini.
  • Lakukan penjemuran selama kurang lebih 1-2 jam.
  • Sediakan makanan seperti voer yang berkualitas
  • Berilah makanan tambahan Extra Fooding ( EF ) berupa jangkrik setiap pagi.sore 4-5 ekor, ulat hongkong cukup satu sendok makan untuk 2-3 hari dan juga berikan kroto sebagai variasi.
  • Lakukan pemasteran suara, sesuai yang diinginkan karena jalak suren termasuk burung yang bisa menirukan berbagai suara.
  • Yang tidak kalah penting buatlah suasana disekitar rumah ramah dan aman terhadap burung.



Demikian Perbedaan Burung Jalak Suren dan Jalak Uren semoga bermanfaat. Baca juga tips-dalam-membeli-burung-jalak-bali.
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Popular

Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *