Home » » Pilihan Makanan Dan Ekstra Fooding Yang Bagus Untuk Burung Pleci Serta Manfaatnya

Pilihan Makanan Dan Ekstra Fooding Yang Bagus Untuk Burung Pleci Serta Manfaatnya

Pilihan Makanan Dan Ekstra Fooding Yang Bagus Untuk Burung Pleci Serta Manfaatnya


Umumnya makanan atau makanan burung Burung pleci sebagian besar adalah buah-buahan dan sayur karena kedua bahan ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan burung pleci. Selain untuk mempertahankan hidup dan sumber energi, beberapa jenis makanan ini juga dapat memberikan manfaat lain, misalnya kandungan protein pada beberapa makanan yang mendung protein akan mengangkat birahi burung pleci yang tujuannya agar memancing burung pleci untuk berbunyi, lalu buah dan sayuran yang digunakan untuk memenuhi nutrisi dan sebagai sumber makanan diet burung burung pleci. Nah untuk mendapatkan ulasan lengkapnya mari kita bahas bersama-sama apa sajakah jenis makanan atau extra fooding yang bagus untuk diberikan kepada burung pleci lalu apa saja manfaat yang akan burung pleci dapatkan.


Berikut adalah Pilihan Makanan Dan Ekstra Fooding Yang Bagus Untuk Burung Pleci Serta Manfaatnya :
1. Voer

Kebutuhan makanan yang mengandung protein memang sangat dibutuhkan burung, seperti banyak burung lain burung pleci juga membutuhkan makanan kering seperti voer untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tetapi tidak semua voer berkualitas bagus ada dipasaran, banyak voer dengan kualitas standard hanya mengandung sedikit nutrisi dan terlalu banyak karbohidrat yang hanya membuat burung pleci gemuk.

2. Ulat Hongkong

Ulat hongkong adalah salah satu pilihan terfavorite dari burung pemakan serangga, ulat hongkong dipercaya dapat meningkatkan stamina burung, oleh karena itu sangat di anjurkan memberikan ulat hongkong untuk mempersiapkan burung pleci yang akan mengikuti lomba.

makanan ulat hongkong untuk burung pleci

3. Kroto

Sumber protein hewani terbaik menurut banyak orang adalah kroto, kroto dapat meningkatkan birahi burung pleci tetapi dengan kadar yang tepat jangkrik akan mempercepat burung pleci buka paruh dan ngalas. Berikan kroto 1/2 sendok teh sehari untuk mendorong birahi kicauan burung pleci itu sendiri.

4. Jangkrik

Seperti kebanyakan burung pemakan serangga, burung pleci juga membutuhkan jangkrik untuk meningkatkan stamina dan kualitas suara mereka. Banyak orang percaya jika jangkrik akan membuat suara burung pleci lebih lantang, tetapi ada banyak kasus burung pleci dirumah mereka tidak menyukai jangkrik, oleh karena itu sajikan jangkrik sejak dini agar burung pleci terbiasa memakan jangkrik.

Jangkrik mengandung 60% protein, lemak, karbohidrat, asam amino, hormon stretoid dll, tetapi jangkrik juga dapat menyebabkan burung pleci over birahi oleh karena itu kita perlu tau takaran yang tepat untuk mendapatkan hasil sempurna.

4. Apel Merah

Meski terbilang agak mahal dibandingkan buah lain, buah yang satu ini baik diberikan kepada burung Burung pleci karena memiliki banyak manfaat. Kandungan air dalam apel merah dapat memenuhi kebutuhan air pada burung Burung pleci akibat sering terkena sinar matahari dan cuaca yang panas sehingga dehidrasi dapat dicegah.

Tingginya antioksidan juga berperan dalam peningkatan daya tahan tubuh pada burung Burung pleci, terlebih jika burung dalam keadaan tingkat stress yang tinggi. Apel merah dapat diberikan sebagai variasi makanan untuk burung Burung pleci anda dirumah, akan sangat baik jika diberikan pada saat cuaca panas.

5. Pisang Kepok

Buah pisang adalah jenis makanan burung Burung pleci yang paling sering diberikan karena selain harganya murah dan mudah didapat, pisang juga banyak mengandung Vitamin A dan karbohidrat, 2 kandungan zat ini tentu baik bagi perkembangan burung Burung pleci.

Dari sekian banyak jenis pisang, Pisang Kepok adalah yang paling bagus untuk burung Burung pleci. Pisang Kepok tidak mudah busuk, setidaknya dapat bertahan selama 2 hari. Pilih pisang yang sudah matang agar memudahkan burung saat memakannya, hal ini karena tekstur pisang yang matang lebih lembut sehingga tidak mengganggu pencernaan burung. Usahakan tetap menjaga kebersihan makanan dengan mencuci pisang terlebih dahulu.

6. Pepaya


Variasi makanan lainnya yaitu dengan memberikan buah pepaya untuk burung Burung pleci. Pepaya yang banyak mengandung vitamin dan mineral akan memberikan nutrisi yang cukup. Jika burung Burung pleci sedang mengalami stress dan gangguan pencernaan, maka berikan pepaya setiap hari sebagai salah satu terapi untuk menghilangkan masalah tersebut.

7. Sawo


Buah musiman yang satu ini juga dapat dijadikan makanan untuk burung Burung pleci, namun jangan terlalu sering memberikannya sebagai makanan, cukup 1 kali seminggu. Sawo dapat merangsang burung Burung pleci agar mengeluarkan suara. Berikan sawo yang telah matang dengan tekstur yang tidak terlalu keras, serta pisahkan dengan getahnya.

8. Tomat

Sama halnya dengan sawo, tomat hanya baik dimakan oleh burung Burung pleci 1 minggu sekali saja. Kandungan vitamin C dalam tomat dapat meningkatkan sistem imun dan menjernihkan suara burung Burung pleci.

9. Jeruk

Buah jeruk merumakanan jenis makanan burung Burung pleci yang baik untuk mentralisir racun serta memberikan efek dingin saat cuaca sedang panas. Selain itu sangat bagus untuk melancarkan pencernaan.

10. Mentimun

Manfaat mentimun sebagai makanan burung Burung pleci adalah mampu mengatasi burung yang sedang dalam keadaan mabung dan berkhasiat bagi tumbuhnya bulu yang kuat dan sehat.

11. Lengkeng

Buah lengkeng yang manis sangat baik untuk meningkatkan stamina burung Burung pleci yang sedang dalam kondisi lemah dan stress. Dengan mengkonsumsi lengkeng, energi akan cepat pulih dan mabung dapat teratasi.

12. Wolfberry

Buah wolfberry atau yang disebut juga dengan gojiberry ini bisa anda beli di supermarket karena merumakanan buah import sehingga agak sulit mendapatkannya. Wolfberry akan membuat burung Burung pleci lebih sering mengeluarkan bunyi dan membuka paruh, serta menjadikannya lebih aktif. Tak ada salahnya jika sesekali anda memberikan buah ini bagi burung peliharaan anda.

13. Wortel

Manfaat wortel sebagai salah satu jenis makanan burung Burung pleci sama halnya dengan mentimun, yaitu dapat membantu pertumbuhan bulu lebih indah, cerah dan berkilau. Sangat baik diberikan bagi burung Burung pleci yang memiliki bulu kusam dan tipis.
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Popular

Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *